Pages

Friday 11 November 2011

Definisi belajar dan pembelajaran


1. 3 Definisi Belajar :
                                 i.            Menurut Sdaffer             
Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang relative menetap, sebagai  hasil pengalaman atau praktik.
                               ii.            Menurut Slameto           
 Belajar merupakan proses  usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya
                              iii.            Menurut Winkel             
Belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai dan sikap



2. 3 Definisi Pembelajaran :
        I.            Menurut  UU No. 20/2003, Bab I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Ayat 20 ( UUD 1945)
Pembelajaran adalah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

      II.            Menurut  Knowles
Pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan

    III.            Menurut  Munif Chatib
Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi

3. a. Persamaan antara Belajar dan Pembelajaran
1. Dalam belajar maupun pembelajaran sama-sama mempunyai input maupun output, kata lain dari yang tidak tahu menjadi tahu dan siswa bisa “apa” setelah belajar.
2. Dalam belajar maupun pembelajaran, tidak terlepas dari mengajar, sehingga proses belajar, mengajar, dan pembelajaran selalu bersama. Artinya ketika pembelajaran dilaksanakan, maka kegiatan belajar pun ada (terjadi secara bersama-sama).
3. Dalam belajar dan mengajar, pusat kegiatan sama-sama berada pada siswa.
4. Dalam belajar dan pembelajaran mempunyai kesamaan tercapainya tujuan dari segi cara mencapainya.
5. Dalam belajar dan pembelajaran mempunyai kesamaan takaran dalam pencapaian tujuan.



    b. Perbedaan antara Belajar dan Pembelajaran

Belajar Merupakan Tindakan dan Perilaku siswa yang kompleks, sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadi atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi karena siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa adalah keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau hal-hal yang akan dijadikan bahan belajar.
Sedangkan pembelajaran ( instruksional) adalah usaha mengorganisasikan lingkungan belajar sehingga memungkinkan siswa melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar tertentu yang akan mendukung pembelajaran itu nantinya.



4. Faktor yang mempengaruhi proses Belajar dan Pembelajaran
a.       Faktor Internal
                                I.            Faktor Fisiologis                                :               Faktor ini dibedakan menjadi dua macam :
1. Keadaan tonus Jasmani
2. Keadaan fungsi Jasmani

                              II.            Faktor Psikologis              :              1. Kecerdasan / Intelegensi Siswa
2. Motivasi
3. Sikap
4. Bakat

b.   Faktor Eksternal
                      I.            Lingkungan sosial                    :               1. Lingkungan sosial masyarakat
2. Lingkungan sosial keluarga
3. Lingkungan sosial sekolah

                    II.            Lingkungan non sosial           :               1. Lingkungan Alamiah
2. Faktor Instrumental


No comments:

Post a Comment